elizarachma.blogspot.com or pelangidihariku.blogspot.com and reach me more in every social media with the user name "elizarachma"

Minggu, 19 Mei 2013

Susunan Tata Surya


Matahari, bulan, dan bintang merupakan benda langit yang dapat kita lihat dengan mata bila kita menengadah ke langit. Sebenarnya masih ada benda langit lainnya. Planet, asteroid, komet, galaksi, merupakan contoh benda langit lainnya.
Semua benda langit berada dalam suatu pola yang teratur, sehingga tidak bertabrakan satu sama lain. Bumi berada dalam susunan planet yang bernama tata surya. Tahukan kamu apa yag dimaksud tata surya itu? Untuk mengetahui lebih lanjut, perhatikan uraian berikut ini!

A.      Susunan Tata Surya
1.       Matahari sebagai usat Tata Surya
Matahari merupakan bola gas pijar yang suhunya tinggi sekali, bisa mencapai 6.000 derajat celcius. Permukaannya berupa lautan gas yang sangat panas. Unsur yang membentuk matahari adalah hidrogen (69,5%), helium 28%), karbon, nitrogen, dan unsur-unsur lainnya.
Matahari merupakan benda terbesar dalam tata surya dan menjadi pusat tata surya. Matahari merupakan sumber energi utama bagi kita karena panas dan cahaya yang berasal dari matahari memungkinkan adanya kehidupan bumi di bumi.
Di antara bumi dan matahari terdapat gaya tarik-menrik yang disebut gaya gravitasi. Besarnya gaya gravitasi ini dipengaruhi oleh massa keduanya. Oleh karena massa matahari jauh lebih besar daripada massa bumi, maka bumi berputar dan beredar mengelilingi matahari untuk mempertahankan diri terhadap gaya gravitasi matahari.
Bulan berputar dan beredar mengelilingi bumi karena untuk mempertahankan diri terhadap diri terhadap gaya gravitasi bumi, sebab massa bumi lebih besar dari massa bulan. Antara bulan dan matahari pun terdapat gaya gravitasi.
Selain dipengaruhi oleh massa, besar gaya gravitasi juga dipengaruhi oleh jarak. Contohnya, apabila kita menjatuhkan batu dari atas gedung bertingkat, batu akan jatuh ke bumi. Akan tetapi, apabila batu itu dibawa ke ngkasa jauh dari permukaan bumi, maka batu itu tidak akan jayuh ke bumi, tetpi melayang-layang di angkasa. Hal itu terjadi karena batu sudah tidak dipengaruhi lagi oleh gaya gravitasi bumi. Dengan demikian, makin jauh jarak antara kedua benda maka gaya tarik (grvitasi) di antara kedua benda itu akan semakin kecil.
Adakah benda-benda ngkasa lainnya yang mengitari matahari selain bumi? Benda-benda angkasa yang mengitari matahari di antaranya planet, komet, dan asteroid. Bumi termasuk ke dalam planet. Matahari da semua benda angkasa yang mengitarinya disebut tata surya. Pusat tata surya adalah matahari.
Sesuai dengan teori heliosentris yaitu teori yang menyatakan bahwa planet bergerak mengelilingi mtahari. Teori ini dikemukakan oeh Nicolas Copernicus, seorang astronom Polandia yang mematahkan teori geosentris yng menyatakan bahwa bumi sebagai pusat alam semesta, bumi dalam keadaan diam dan planet-planet bergerak mengitarinya. Susunan dari anggota tata surya terlihat pada gambar di bawah ini.



2.       Planet
Saat ini kita mengenal depalan buah planet, di antaranya Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus. Kedelapan planet itu beredar mengitari matahari melalui jalur-jalur tertentu yang disebut garis edar atau orbit yang berbentuk elips. Planet-planet beredar mengelilingi matahari karena adanya gaya tarik atau gaya gravitasi matahari. Gaya inilah yang mengikat planet pada orbitnya. Orbit planet mengitari matahari terlihat pada gambar berikut ini.



Oleh karena orbit planet berbentuk elips, maka planet-planet itu kadang dekat dan kadang jauh dari matahari. Titik terdekat planet ke matahari disebut perihelium dan titik terjauh planet ke matahari disebut aphelium.
Dilihat dari letaknya terhdap garis edar bumi, planet-planet tersebut dikelompokkan menjadi 2, yaitu sebagai berikut :
a.       Planet dalam, yaitu planet yang letaknya di dalam garis edar bumi mengitari matahari. Planet dalam terdiri atas Merkurius dan Venus.
b.      Planet luar, yaitu planet yang letaknya di luar garis edar bumi mengitari matahari. Planet luar terdiri atas Mars, Yuiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.
Urutan kedelapan planet mulai dari yang terdekat dengan matahari sampai yang terjauh dengan matahari adalah sebagai berikut.

1)      Merkurius
Planet ini berukuran kecil dan hampir tidak mempunyai amosfer. Permukaannya dipenuhi kawah (tampak berlubang-lubang) seperti permukaan bulan. Pada siang hari, suhu d permukaan Merkurius sangat panas, mencapai 400 derajat celcius dan sebaliknya suhu pada malam hari sangat dingin mencapai minus 200 derajat celcius.

2)      Venus

Planet ini tampak sangat mengkilap karena memiliki atmosfer yang tebal seperti awan putih yang menyelubungi permukaan Venus. Awan tersebut terjadi akibat dari pembakaran asam sulfat panas. Suhu siang hari di Venus mencapai 500 derajat celcius. Tidak ada yang dapat hidup di planet yang panas dan beracun ini. Venus sering disebut bintang pagi atau bintang senja karena terlihat berkilauan di timur pada saat matahari terbit dan pada saat matahari tenggelam di ufuk barat.

3)      Bumi
Bumi merupakan tempat kita berpijak dan hidup. Bumi memiliki atmosfer. Suhu permukaan bumi memungkinkan makhuk hidup dapat hidup di planet ini.

4)      Mars
Planet Mras mempunyai permukaan berbau-batu. Suhu permukaannya lebih dingin daripada suhu di permukaan bumi karena letaknya yang lebih jauh dari matahari. Mars mempunyai kutub es seperti bumi dan mempunyai gunung berapi yang aktif. Gunung berai yang terbesar bernama Gunung Olimpus dengan ketinggian 23.000 m dari permukaan tanah di sekitarnya. Hasil penyelidikan yang dilakukan terhadap tanah Mars memperlihatkan bahwa tanah tersebut seolah-olah berisi jasad serba hidup.

5)      Yupiter
Planet Yupiter merupakan planet yang terbesar. Planet ini berdiameter 11 kali diameter bumi dan bervolume 1.300 kali volume bumi. Awan yang berputar kencang dalam atmosfer Yupiter bergerak dengn kelajuan 200 mil per jam. Atmosfer Yupiter terdiri atas hidrogen dengan helium, serta mempunyai awan dari amoniak dan kristal es.

6)      Saturnus
Planet ini merupakan plane terbesar kedua setelah Yupiter. Angkasanya atau atmosfernya diselimuti oleh sabuk-sabuk awan yang kaya akan hidrogen dan dapat memantulkan sinar matahari dengan baik. Suhu di permukaan Saturnus adalah minus 170 derajat celcius. Saturnus mempunyai cincin yang belapis-lapis terdiri atas krstal es dengan lebar 402.000 km dan tebal 15 km.

7)      Uranus
Planet Uranus ditemukan oleh Sir Wilhelm Herschell tahun 1781. Planet ini terselubung kabut tebal terutama terdiri atas gas metana. Garis tengahnya kira-kira empat kali garis tengah bumi.

8)      Neptunus
Keadaan Planet Neptunus hampir sama dengan uranus sehingga kedua planet ini sering disebut planet kembar. Suhu permukaan Planet Neptunus mencapai minus 120 derajat celcius.

Kedelapan planet tersebut tidak memancarkan cahaya sendiri. Planet tampak berkilau seperti bintang karena planet memantulkan cahaya matahari yang menyinari permukaannya. Bagian permukaan planet termasuk bumi yang mendapat sinar matahari akan mengalami siang dan bagian lain yang tidak mendapatkan cahaya matahari akan mengalami malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar